05.25

Kondisi Terkini P2B DPW PKS JOGJA dalam menangani bencana Merapi


Reporter: A. Hasan
Kondisi Bencana Merapi yang masih tidak menentu bahkan cenderung meningkat membuat seluruh perhatian PKS Yogyakarta terkonsentrasi untuk melakukan aksi penanganan bencana, bahkan jadwal Musda DPD PKS Sleman yang seharusnya mulai digelar hari ini (Sabtu, 6/11) dipending.

DPW PKS Yogyakarta pagi dan siang hari ini (Sabtu, 6/11) melakukan koordinasi dengan DPP PKS. Rapat Koordinasi berlangsung di gedung DPW PKS Yogyakarta (Jl. Gambiran No. 43) dipimpin langsung oleh ustadz Sukamta, Phd (Ketua DPW PKS Yogyakarta), didampingi ustadz Falah (Koordinator P2B). Pengurus DPP yang hadir adalah ustadz Zubair Safawi (Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah Jateng-Jatim-Yogya) didampingi Agus Purnomo (aleg PKS DPR RI dari dapil Yogyakarta).

Dari rakor ini didapat informasi:

- Setiap harinya Kepanduan PKS Jogja menerjunkan 50 Kepanduan sebagai relawan untuk tanggap darurat.

- Sampai hari ini ada 13 posko (barak) pengungsian yang dikelola DPW PKS Jogja dengan total pengungsi 1959 orang.

- Untuk kebutuhan logistik posko (makan pokok 3x/hari) sudah dikoordinasi dengan semua DPD yang ada di Jogja, dan sampai hari ini suply dan distribusi lancar.

- Ada 31 kader PKS yang menjadi korban bencana Merapi yang berdomisili di 2 kecamatan: Kec. Cangkringan dan Kec. Pakem, dengan kerugian: 22 rumah terbakar, 29 ekor sapi dan 100 ekor kambing mati.

- Jenis kegiatan yang dilakukan meliputi:
a.Mobilasasi relawan
-Relawan Posko + Program PKS + Wajihah
-Relawan untuk umum (Thullaby)
b.Pemenuhan Kebutuhan dasar (makan, family kit, barak, dll)
c.Pemenuhan Kebutuhan Khusus (anak, kaum ibu, diffable, lansia)
d.Pendataan Kerugian Korban Merapi (posko yang ditangani PKS)
e.Data dan advokasi
f.Humas dan Dokumentasi

Walaupun sampai hari ini berbagai bantuan sudah berdatangan, tapi mengingat kondisi Merapi yang tidak menentu, maka DPW PKS Jogja masih sangat memerlukan uluran bantuan.

0 komentar: